Pick our Information

Tuesday 3 January 2012

Disimpulkan Atlantis Ada Kemungkinan di Selatan Spanyol


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0QMvL-SzslYLtBnP2IChKKo3Vx51R5dMDp7Nuo_yWyLrnFLZvl2rJiT6yF3YySfOmjkdTB99A_GqDAbDgQiLLopo-az1PetZh19AVm9mB8mDQwrEdcwJpLMy0aUxtfLGDHPrYiJJNQjo/s1600/Atlantis20m.jpg

Letak Atlantis, kota legendaris yang dipercaya hilang akibat dihajar tsunami pada ribuan tahun lalu, di klaim ditemukan oleh sekelompok peneliti dari Amerika Serikat (AS). Para peneliti itu menyimpulkan bahwa Atlantis terletak di belahan selatan Spanyol.


"Inilah kekuatan dari tsunami," ujar kepala tim peneliti pencarian lokasi asli Atlantis dari Universitas Hartford, Connecticut, Prof. Richard Freund seperti dilansir Reuters, Senin (14/3/2011).

"Hanya saja sulit dimengerti, bahwa hal itu (tsunami) bisa menyapu hingga 60 mil ke daratan, dan itu apa yang sedang kita bicarakan sekarang," ujar Freund.


http://kazegatana.files.wordpress.com/2010/06/atlantis-ancient.jpg


Untuk mencari tahu usia Atlantis itu, tim menggunakan foto satelit untuk mengambil lokasi kota yang hilang itu di sekitar utara Cadiz, Spanyol. Di sana, terkubur tanah rawa yang luas dari lokasi Dona Ana Park, yang dipercaya menjadi lokasi kuno Atlantis.

Tim yang terdiri dari arkeolog dan geolog ini pada tahun 2009 dan 2010, menggunakan kombinasi dari radar bawah tanah, peta digital, dan teknologi bawah air untuk mensurvei lokasi.

Tim Freund menemukan serangkaian tanda-tanda aneh seperti 'kota kenangan', yang diduga gambaran Atlantis, di pusat Spanyol. Tanda-tanda itu dipercaya dibangun pengungsi kota Atlantis, setelah kota itu disapu tsunami.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVBP2-sPa8ZrVkQEV1AiiBti73NGr4vr84DpdwLlbNXTPvV8zZHSFp8qTOwnakmkapGCUU1IkOu4xy2jJ28qmKnVuyoh1wMSzglgkUq4G532KX_fvuxxgridKuJkSYsnjydpSwD8SEGGWa/s1600/atlantis6lu.jpg


Freund mengatakan, penemuan tentang 'kota kenangan' ini menjadi simpul yang membuatnya percaya, bahwa Atlantis terkubur dalam lumpur di pantai selatan Spanyol.


"Warga Atlantis yang bertahan dalam tsunami menyelamatkan diri ke pedalaman dan membangun kota baru di sana," imbuh Freund.

"Tsunami di kawasan ini telah terdokumentasikan berabad-abad. Salah satu yang terbesar dilaporkan adalah 10 cerita tentang gelombang pasang yang melanda Lisabon pada November 1755," ujar Freund.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjU_t7P5T8US67Q8aINqvys9HiRWmd9QxXGHmUdqjL0CWxd8LwWYmFG_H-Lh91-BCCFNdr-xOMATE9I9UbKP-ip24e_onzRhyqLn2iUpPz3yoeFqDpb8LuMClQqP3G9uQ8xgjZaZzhAim8/s1600/Atlantis.jpg


Para ahli berencana melakukan penggalian lebih lanjut di kawasan rawa di pantai selatan Spanyol yang dipercaya sebagai letak Atlantis, dan di 'kota kenangan' di pusat Spanyol, 150 mil dari situs Atlantis, untuk mempelajari formasi geologi dan artefak saat ini.

Atlantis disebutkan pertama kali oleh filsuf Yunani, Plato, sekitar 2.600 tahun lalu. Plato mendeskripsikan Atlantis sebagai 'suatu pulau yang terletak di seberang selat pilar-pilar Herkules", yang diinterpretasikan sebagai Selat Gibraltar.

Plato mengatakan, Atlantis itu 'dalam sehari semalam hilang dalam kedalaman laut'. Namun, hingga detik ini, keberadaan kota yang hilang dan pernah menjadi sebuah peradaban yang tinggi di masanya ini, masih menyimpan berjuta misteri.
(",)v




Sumber : detiknews.com, berbagai sumber lainnya

No comments:

Post a Comment